KURNIA BORDIR

Kurnia bordir adalah salah satu UKM bordir yang dikelola dan dimiliki oleh Ibu Hj. Sutiah bisa di bilang UKM yang besar di bidangnya. Bertempat di Jl. KH. Hasan Genggong Gg. Pelita No.27 Kota Probolinggo ini, awal mula berdiri adalah ketika Ibu Hj. Sutiah masih menjabat sebagai pengelola PD Sojera Swajaya yang produksinya juga terkait dengan bordir.

UKM Kurnia bordir tidak serta merta berdiri, Ibu Hj. Sutiah merasa bertanggung jawab untuk meminta ijin terlebih dahulu kepada PD Sojera Swajaya untuk mendirikan usaha sendiri yang sejenis. “ Ya saya meminta ijin dulu pada PD Sojera Swajaya untuk mendirikan usaha ini, saya terlebih dahulu menyampaikan bahwa saya mau mendirikan UKM terkait dengan usaha bordir dan bisa mengembangkan usaha tersebut lewat memberdayakan masyarakat setempat dan sekaligus menjadi mitra kerja, alhamdulillah saya memperoleh ijin” ujar Ibu Hj. Sutiah saat menyampaikan beritanya.

Produk kurnia bordir sendiri walaupun tidak jauh berbeda dengan produk Sojera, namun memiliki produuk yang lebih beragam, diantaranya mukena, baju, jilbab, jubah, kebaya dan sebagainya. Produk hasil karya Kurnia bordir ini sudah tersebar di penjuru Kota Probolinggo, bahkan untuk menjaga kualitas produk Ibu Hj. Sutiah terbiasa mencermati sendiri apa yang kurang dan patut diperbaiki pada produknya. “biasanya saya mencermati apa yang kurang dan apa yang tidak nyaman da sebagainya. Bahkan pernah hiasan di jilbab ada yang putus, lalu saya cermati apa yang kira-kira membuat demikian. Jika itu dikarena jahitan yang terlalu renggang, maka saya langsung membuat solusinya, jahitan diupayakan lebih rapat lagi dan seebagainya. “ urai wanita berjilbab ini.

Kurnia bordir tidak hanya menyediakan produk yang sudah jadi, tetapi pembeli juga bisa memesan langsung produk yang diinginkan. Tidak hanya produksi saja, Ibu Hj. Sutiah juga giat memasarkan produknya di setiap acara yang mengikutsertakan UKM di Kota probolinggo dan luar kota, bahkan beliau juga tidak pilih-pilih setiap acara apakah itu skala besar ataupun kecil, selalu diikutinya penuh dengan keikhlasan dan semangat.